5 Tempat Wisata di Pangandaran yang Wajib Kamu Kunjungi

Pangandaran adalah sebuah kabupaten yang berada paling selatan di Jawa Barat. Meski Pangandaran tergolong kabupaten baru, namun Pangandaran memiliki pesona alam yang memanjakan mata. Tak heran banyak wisatawan asing ataupun lokal yang gemar traveling kesana. Potensi objek wisata yang terbilang banyak menjadikan Pangandaran sebagai tujuan wisata favorite di Jawa Barat. Pantai Pangandaran adalah salah satu destinasi wisata favorit sekaligus menjadi ikon utamanya. Selain Pantai Pangandaran, berikut beberapa objek wisata yang tak kalah keren yang hits di Pangandaran, check it out!

tempat wisata pangandaran

Tempat Wisata di Pangandaran

1. Pantai Karapyak

Pantai Karapyak berada di Desa Bagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat. Pantai Karapyak merupakan salah satu obyek wisata yang masih terbilang asri karena belum terjamah oleh para wisatawan. Kondisi pantai yang sejuk dengan banyaknya pepohonan yang ada di sekitar pantai. Hamparan pasir putih yang memanjang sepanjang kurang lebih 5 km dari bibir pantai, ditambah batu karang yang muncul ke permukaan sebagai rumah beberapa jenis ikan dan kumang. Tak jarang batuan karang yang ada di pantai karapyak menjadi tempat menempelnya beberapa alga, terutama alga hijau.

Meski tak sepopuler pantai Pangandaran, namun keindahan alam pantai Karapyak tak bisa terelakan. Kondisi air laut sangat jernih kehijauan sangat memungkinkan bagi kita untuk melihat pesona bawah laut dengan sangat jelas. Deburan ombak yeng bergulung-gulung memecah karang Disertai angin sepoi-sepoi yang menambah suasana syahdu ketika berwisata ke pantai Karapyak

2. Pantai Batukaras

Pantai Batu Karas merupakan pantai yang letaknya tidak terlalu jauh dari pantai Pangandaran, Pantai Batukaras ini memiliki suasana alam yang tenang dan gelombang laut yang bersahabat. Ketika kita berkunjungg ke Batukaras kita dapat menikmati suasana pantai sambil menyantap hidangan yang banyak dijual disekitar pantai tersebut. Di pantai Batukaras kita juga bisa berselancar, berenang, dan berperahu, bahkan pantai Batukaras ini banyak disukai oleh wisatawan asing karena memiliki ombak  yang sangat menantang untuk di taklukan.

3. Citumang Pangandaran

Bila kamu merasa bosan melihat pantai mungkin kamu bisa berkunjung ke objek wisata Citumang Pangadaran, Citumang berada tidak jauh dari pantai Pangandaran. Obyek wisata Citumang memiliki panorama alam yang indah, yang paling mempesona dari destinasi wisata yang satu ini adalah aliran sungai dan panorama alam yang berada di sekelilingnya. Citumang sendiri merupakan sebuah sungai  yang membelah hutan jati dan memiliki air sungai yang bersih dan kebiru-biruan, bahkan pada beberapa tempat sungai Citumang ini dapat digunakan untuk kegiatan berenang dan juga bermain.

4. Wisata Green Canyon (Cukang Taneuh)

Tidak jauh dari lokasi wisata Citumang terdapat destinasi wisata menarik lainnya, yaitu destinasi wisata Green Canyon atau Cukang Taneuh. Green Canyon merupakan objek wisata berbentuk ngarai yang terbentuk akibat adanya erosi tanah dari aliran sungai Cijulang selama jutaan tahun. Bentuk ngarai Green Canyon sangatlah mengagumkan, dengan arsitektur alamnya yang meskipun terbentuk secara alami namun terlihat seperti sebuah karya seni kelas atas yang sangat epik. Penamaan Green Canyon sendiri terinspirasi dari warna airnya yang memang berwarna hijau pekat.

Saat kamu berkunjung ke Green Canyon kamu bisa mencoba berbagai macam aktivitas mulai dari menyusuri sungai hingga bermain arung jeram. Bagi kamu yang menyukai fotogrsfi, pemandangan yang disekitar Green canyon sangat cocok untuk dijadikan objek fotografi. Pemandangan alamnya yang hijau eksotis  juga mampu mengalihkan fikiran kamu dari penatnya kesibukan sehari-hari.

5. Pantai Madasari

Pantai Madasari merupakan pantai yang terletak di Desa Masawah, Ke. Cimerak, Kab.  Pangandaran, Jawa Barat. Masyarakat sekitar menyebut pantai ini dengan Bulak Benda. Asri itulah kesan pertama yang suguhkan oleh pantai Madasari. Gulungan ombak besar yang bergulung dan menyapu karang. dan hembusan angin yang terbilang sering dan  cukup besar mampu menghapus peluh keringat., serta pesona alam bawah lautnya yang nampak menerawang menyejukkan memanjakan mata.

Hamparan pasir yang membentang luas bak permadani akan menyambut anda begitu Anda menginjakkan kaki di pantai ini. Salah satu yang menjadi ciri khasnya adalah adanya pulau-pulau kecil yang berada di pinggir pantai. Terdiri atas enam pulau, yakni  Batu Gedogan, Batu Sebrotan, Batu Leuit (Karang Seugeuh), Legok Gandu, Cariuk, dan Pandan. Aktivitas yang kita lakukan di pantai ini selain aktivitas potografi, juga bisa digunakan untuk camping ground  bagi para pecinta alam, dan bagi para mancing mania pantai ini juga merupakan spot yang bagus untuk tempat memancinng.

Nah, itulah beberapa obyek wisata yang ada di Pangandaran, sebenarnya masih banyak lagi obyek-obyek wisata yang ada di Pangandaran. Inya'Allah nanti akan Admin lengkapi kedepannya. Terimakasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat.

Media online yang menyediakan informasi unik, menarik, dan edukatif.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »


EmoticonEmoticon